Segala Informasi Mengenai Batik Kami Hadirkan Untuk Anda

Kelebihan Menggunakan Canting Batik Listrik (Elektrik)

Sesuai dengan namanya, canting listrik adalah canting yang digunakan dengan memanfaatkan aliran listrik. Aliran listrik dihubungkan ke adaptor, kemudian dari adaptor listrik akan dialirkan pada canting menggunakan tembaga sangat baik dalam hal menghantarkan listrik. Canting yang sudah dialiri lisrik akan menjadi panas dan cairan malam yang ada di dalam canting akan mencair sehingga dapat digunakan untuk membatik.

Kelebihan menggunakan canting listrik dibandingkan canting biasa tentu saja pada saat penggunaannya. Kalau menggunakan canting tradisional, setiap mau membuat motif harus meniup cucuk canting terlebih dahulu supaya malam tidak mampet dan dapat mengalir dengan lancar. Sedangkan dengan canting elektrik, hal seperti itu tidak perlu dilakukan, sehingga proses dalam pembuatan pola lebih cepat selesai.

Kelebihan Menggunakan Canting Batik Listrik (Elektrik)

Menggunakan canting elektrik membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, hemat waktu dan tentu saja hemat biaya. Malam dapat langsung tembus pada belakang kain yang dibatik tanpa harus di bolak balik.

Canting elektrik lebih mudah di gunakan, terutama bagi para pemula yang tidak mau terkena asap dari kompor yang digunakan untuk mencairkan lilin atau malam. Dengan canting elektrik mengerjakan batik tulis menjadi lebih mudah, meskipun harus tetap telaten  dan hati-hati,

Menggunakan canting elektrik sangatlah mudah. Semudah menulis menggunakan spidol atau bolpoin di atas kain.

Canting listrik/ elektrik di lengkapi dengan tuas pengatur keluar nya malam. Mata cantingnya (cucuk) dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan saat bekerja, Malam/ lilin tidak akan tumpah karena ada katup penahan malam sehingga lebih aman untuk digunakan.

Sumber energi canting elektrik adalah listrik yang masuk terlebih dahulu ke dalam sebuah adaptor. Adaptor yang digunakan sudah dirancang khusus agar dapat mengalirkan listrik pada beberapa canting sekaligus. Cara seperti ini mampu menekan pengeluaran daripada harus membeli minyak tanah sebagai bahan bakar kompor.

Fungsi lain dari canting elektrik, selain dipakai untuk membuat batik tulis/ membatik di atas kain adalah canting tersebut dapat juga digunakan untuk melukis di atas kaca dan bahan material lainnya seperti gerabah dan kayu.

Demikianlah sekilas mengenai kelebihan canting elektrik dibandingkan dengan canting tradisional yang biasa dipakai pada jaman dahulu. Namun demikian, bukan berarti semua harus beralih ke canting elektrik. Elektrik atau tradisonal bukan masalah, yang penting terus berkarya.

1 komentar:

Dimana kami dapat membeli canting listrik di Yogya ?

 
Back To Top