Segala Informasi Mengenai Batik Kami Hadirkan Untuk Anda

Corak Batik Bali Yang Eksotik

Batik Bali dalam percaturan batik Nusantara masih terbilang baru, akan tetapi kian hari semakin memiliki perkembangan yang cepat terutama dalam industri batik-batik di beberapa pulau-pulau Nusantara, mereka mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal itu dikarenakan di pulau Bali memiliki banyak sekali motif dan desain-desain lokal. Kini telah banyak mucul puluhan macam desain khas Bali, dengan penawaran harga dari yang termurah hingga harga-harga paling mahal yaitu jutaan rupiah. Untuk pasaran harga batik Bali yang bermutu internasional berkisar antara 350.000 ribu rupiah hingga 2.000.000 rupiah. Tingginya harga tersebut dikarenakan batik Bali memiliki bahan-bahan yang bermutu tinggi serta digambar langsung dengan tangan-tangan terampil dan pengaplikasian bahan-bahan warna dari alam.

Banyak sekali dijumpai butik dan toko-toko online yang menjual kain-kain batik Nusantara termasuk batik Bali yang eksotik, dapat anda jumpai kerajinan batik Bali di luar pulau Dewata dan di dalamnya dengan berbagai macam motif dan corak. Anda hanya perlu mengenal terlebih dahulu jenis-jenis batik yang tersedia, hal ini sangat penting untuk memudahkan anda dalam memilih batik sesuai dengan uang yang dimiliki dan kualitas batik sesuai dengan dana yang tersedia. Dari segi pembuatannya, jenis Batik Bali dibagi menjadi 4 yaitu batik tulis, batik kombinasi tulis-cap, batik cap, batik cabut (perpaduan teknik printing dan tulis) dan batik printing.

Corak Batik Bali Yang Eksotik

Melihat ulasan singkat di atas, bagaimana cara membedakan kain-kain tersebut mengingat yang menjualnya adalah sangat bervariasi : 

1). Aksen dalam setiap gambar tidak sama besarnya.

2). Kain Mori yang dipakai sebagai bahan dasar biasanya lebih berat dibandingkan kain Mori untuk jenis batik lainnya.

3). Motif pada batik tulis meskipun polanya sama tapi cenderung memiliki bentuk tidak pernah sama persis (asimetris). Ada bagian-bagian yang lebih kecil atau lebih besar dari gambar yang menjadi motif utama.

4). Motif batik tulis asli biasanya mempunyai aroma yang khas, warna yang digunakan berasal dari kulit-kulit kayu, dan bahan-bahan alami lainnya.

5). Bali mempunyai beragam desain, motif dan corak asli. Banyak desain batik khas Bali telah lahir yang dipadukan dengan motif-motif batik dari berbagai wilayah di tanah air dan pengaruh besar dari motif China. Harga kain batik Bali jenis ini untuk harga batik tulis adalah memiliki kualitas yang paling bagus berkisar antara Rp.400.000,- hingga mencapai Rp.3.500.000 per potong.

6). Tingginya harga Batik Bali disebabkan karena batik-batik ini dibuat dari kain bermutu dan digambar langsung dengan tangan-tangan terampil serta menggunakan bahan pewarna alami. Perpaduan motif yang biasa dilakukannya adalah mengambil ornamen khas pulau Dewata, seperti naga, rusa, burung bangau, dan kura-kura. Kemudian memadukan dengan motif dari daerah luar Bali yang biasanya berbentuk flora saja.

7). Motif kain batik Bali lebih banyak terinspirasi dari kisah-kisah para Dewa dalam kesehariannya menjaga keharmonisan kehidupan masyarakat Bali. Yang paling menonjol adalah motif yang digambarkan dalam corak dan pola yang rumit. Desain dari batik Bali ini memiliki prestise tersendiri yang menunjukkan perbedaan kelas dalam masyarakat di Bali. 

8). Batik Bali yang berkualitas tinggi biasanya menunjukkan status sosial seseorang di masyarakat Bali, sama dengan pemakaian label atau merek desainer terkenal yang menonjolkan budaya masyarakat Eropa dan kekayaan seseorang di dunia barat. Pola pada batik Bali ini digambar dengan menerapkan teknik penggambaran pola terbuat dari lilin yang dituang pada kapas sebagai bahan dasar menenun kain dan ini sudah dipraktekkan di pulau Bali dan Jawa sejak berabad-abad yang silam. Dibutuhkan kosentrasi penuh dalam membuat kain-kain Batik Bali nan cantik ini seperti anda sedang bermeditasi dan paling tepat dilakukan oleh oleh abdi dalem wanita kerajaan di Bali. Oleh karena itulah, sampai saat ini batik tulis tradisional Bali hanya dibuat oleh kaum perempuan saja.

Saat ini motif batik Bali cenderung menyesuaikan dengan batik modern dari luar pulau. Motif yang kini banyak terdapat pada batik modern Nusantara adalah ekspresi dari benda-benda alam seperti, pohon, bunga, kupu-kupu, burung atau ikan untuk kegiatan sehari-hari masyarakat di Bali tanpa mengurangi pengaruh batik itu sendiri dalam prosesi kehidupan sehari-hari masyarakat Bali terutama dalam menjalankan upacara keagamaan.

Sumber gambar : https://www.facebook.com/balibatik.bagus

 
Back To Top