Segala Informasi Mengenai Batik Kami Hadirkan Untuk Anda

Cantiknya Motif Batik Hewan dan Tumbuhan

Seni batik Nusantara tidak jauh dari pesona alam yang memberikan jutaan inspirasi bagi manusia dalm berkarya yang menakjubkan sebagaimana seni batik Nusantara pada umumnya diciptakan sesuai dengan daerah masing-masing. Begitu banyak objek di alam yang bisa dikembangkan kemudian dijadikan motif batik, salah satunya adalah fauna. Hewan yang sangat populer ini selalu menghiasi ragam batik Indonesia antara lain kupu-kupu, ikan, burung, angsa, dan juga capung. Beberapa batik hewan juga ada yang menggambarkan binatang yang hidup di dunia mitologi atau kepercayaan suatu masyarakat tertentu seperti naga.

Pada umumnya, ragam motif batik fauna tak lepas dari filososfi dan makna yang hendak disampaikan oleh perwakilan hewan-hewan tersebut. Sebagian besar berisi tentang pedoman yang seyogyanya diteladani oleh manusia dalam menjalani keseimbangan kehidupan sehari-hari. Misalnya motif burung menggambarkan arti kebebasan sedangkan motif kupu-kupu penuh dengan makna keindahan. Karakter hewan pada kain batik biasanya selalu mengalami perubahan bentuk, gaya, dan warna. Meskipun perubahan yang dilakukan tidak banyak berpengaruh terhadap keaslian dari sifat dan tingkah laku hewan yang dipilih untuk dilukis. 

Cantiknya Motif Batik Hewan dan Tumbuhan

Dirangkum dari berbagai sumber, kami berikan informasi menarik tentang motif batik Nusantara yang berlatar belakang hewan dan tumbuhan : 

1). Motif  batik fauna biasanya dikombinasikan dengan unsur alam lain berupa objek tumbuhan (flora). Krena pada dasarnya kedua unsur tersebut berhubungan erat dengan objek yang lainnya, termasuk dalam hal ini adalah penyampaian makna yang dituang melalui corak batik. Objek flora memberikan nilai keindahan alam yang sangat serasi dipadukan dengan batik-batik hewan. Sebagai contoh adalah motif  kupu-kupu selalu dipadukan dengan objek bunga, daun, dan juga tangkai bunga-bunga tertentu. Inti dari motif fauna dan flora adalah keserasian antara manusia dengan alam.

2). Batik sebagai salah satu komoditas ekspor Indonesia yang mengalami kemajuan cukup pesat saat ini telah berhasil menjadi primadona yang paling menarik minat para pecinta bati di luar negeri. Para pengusaha batik dibeberapa kota di Indonesia terus berinovasi dalam menciptakan beragam kreasi yang menarik agar nantinya kain batik Nusantara mudah untuk diekspor, tidak monoton dan memberikan nilai tambah bagi para pemakainya. Inovasi yang dilakukan antara lain dengan menciptakan aneka jenis kreasi dari batik dan menciptakan motif-motif baru untuk kain batik yang mereka produksi. 

3). Saat ini motif batik yang sedang digandrungi dan menjadi idola bagi masyarakat di Indonesia terutama para wanita adalah motif batik hewan. Hewan yang paling sering dijadikan sebagai motif pada kain batik adalah burung. Kain batik dengan motif hewan ini diaplikasikan untuk kaum pria. Namun tak jarang juga kaum wanita tertarik untuk menggunakan batik dengan motif fauna dalam berbagai keperluan kegiatan mereka sehari-hari. Biasanya motif ini memiliki warna-warna dasar kain yang gelap seperti coklat, hitam dan putih. Batik dengan motif hewan ini cocok untuk dipakai pada saat anda menghadiri acara-acara formal seperti pesta pernikahan ataupun acara-acara formal di dalam kantor.

4). Selain batik dengan motif hewan, motif batik lain yang terkenal yaitu motif tumbuhan. Motif batik Nusantara tumbuhan merupakan salah satu dari beraneka ragam jenis motif batik yang populer dan tren diantara penggemar kain batik, serta selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Motif tumbuhan atau motif  flora pada umumnya terdiri dari motif seperti daun-daunan, tumbuhan menjalar, bunga dan lain sebagainya. Batik dengan motif tumbuhan atau flora ini memiliki warna yang tidak terlalu cerah yaitu warna yang dipakai adalah warna-warna kalem seperti hijau muda, biru, putih, dan merah muda. Batik dengan motif tumbuhan dipilih untuk seragam pada sekolah-sekolah, instansi baik instansi pemerintah maupun pusat, dan profesi lainnya. 

Batik dengan motif tumbuhan ini memiliki filosofi atau makna bahwa sebagai manusia, anda wajib untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan dalam kehidupan, salah satunya dengan menjaga segala jenis tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan kita tinggal tetap bisa hidup subur dan memanfaatkannya secara bijak. 

Anda bisa mendapatkan aneka ragam kain motif batik hewan dan tumbuhan di butik, supermarket atau toko-toko batik online di kota anda tinggal. Harga yang ditawarkan bervariasi yaitu dari yang murah hingga mahal. Kain batik dengan teknik batik tulis memiliki harga yang ditawarkan paling mahal dibandingkan dengan kain batik metode cap. Namun hal ini sesuai dengan kualitas yang dihasilkan. Warnanya tidak mudah luntur serta lebih awet merupakan salah satu keunggulan dari batik dengan motif tumbuhan dan hewan, dimana pada umumnya  pengerjaannya dengan menggunakan teknik tulis atau manual yang teliti dan hati-hati. 

Anda bisa memilih salah satu jenis kain batik yang sesuai dengan kebutuhan anda untuk menambah koleksi pribadi kain bati di rumah anda.

Gambar Ilustrasi : lukisanbatik.com

2 komentar

motifnya keren, kreasi batik semakin beragam

iya mas, sepertinya biar bisa mencakup semua lapisan termasuk juga para remaja

 
Back To Top