Segala Informasi Mengenai Batik Kami Hadirkan Untuk Anda

Tips Memilih Baju Batik Di Pasar Tradisional Wisata, Indonesia

Saat ini kain batik merupakan kain yang dapat dikembangkan menjadi sebuah busana yang memiliki penampilan menarik, modern dan selalu trendy. Kualitas kain, motif dan warna batik adalah faktor utama yang bisa mempengaruhi penampilan dan kenyamanan si pemakai ketika memilih batik sebagai busana kebanggaan mereka. 

Harga kain batik di pasaran (terutama pasar-pasar tradisional wisata di Indonesia) bervariasi, semakin bagus kualitas kain batik, maka harganya akan semakin mahal. Namun demikian, yang paling menentukan tinggi rendahnya harga selembar kain batik adalah tingkat kesulitan proses pembuatannya. 

Tips Memilih Baju Batik Di Pasar Tradisional Wisata, Indonesia

Anda dapat membeli beragam batik-batik cantik di beberapa pasar tradisional wisata seperti daerah Sukawati, Gianyar, Bali dan pasar-pasar tradisional wisata di Jogja, Bandung dan daerah lainnya di Indonesia. Dirangkum dari berbagai sumber, untuk memilih batik terbagus yang anda inginkan, anda harus mengetahui beberapa tips dan triknya, seperti tersebut di bawah ini : 

1). Mudah dan nyaman saat menempel pada kulit.
Anda bisa merasakan bahwa kain batik yang bagus adalah terasa dingin di kulit. Hal ini berarti kain batik tersebut merupakan kain yang melalui proses pembuatan yang tinggi sehingga menghasilkan kualitas kain yang sempurna. Kain batik jenis ini tidak mudah kusam meskipun telah anda cuci berkali-kali. Anda jangan khawatir ketika menemukan kain batik dengan kualitas bagus tetapi tampak kaku, karena dengan berjalannya waktu maka kain itu akan melunak dengan sendirinya setelah dicuci atau dipakai berkali-kali.

2). Kenali jenis bahan kain.
Jenis kain yang digunakan sebagai media pembatikan jumlahnya beragam, dan hampir sebagian besar adalah jenis kain berbahan katun dan sutra. Kain katun memiliki variasi yang bermacam-macam, seperti katun primis, primisima, katun dobi, katun paris dan seterusnya. Sebelum anda memutuskan membeli selembar, jangan lupa memastikan untuk memilih jenis kain sesuai dengan manfaatnya, akan digunakan pada acara-acara apa ? Jika akan diaplikasikan untuk kegiatan sehari-hari seperti ke kampus, arisan, atau ke kantor, pilihlah kain batik dari bahan katun. Katun mudah menyerap keringat sehingga akan memberikan kenyamanan pada si pemakai, tapi jika anda salah pilih jenis kain batik, maka pengenaan baju batik dapat membuat anda merasa gerah, tentunya hal tersebut akan berpengaruh buruk terhadap aspek kenyamanan diri menjadi hilang, dan lama-kelamaan justru dapat mengganggu aktivitas anda. Apabila anda membeli batik untuk acara spesial seperti pesta, bahan sutra adalah pilihan yang sempurna.

3). Jenis batik.
Tentukan jenis batik yang akan anda beli diantara beragam kain batik yang tertumpuk di sepanjang gerai atau kios di pasar yang sedang anda kunjungi, tapi yang paling bagus adalah jenis batik cetak atau batik tulis. Biasanya, batik tulis mempunyai kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan batik cetak atau cap, dan harganya pun relatif beragam dari yang mahal, sedang hingga murah. Di sini dibutuhkan keterampilan tinggi dan waktu lebih lama untuk memilih yang paling serasi dengan selera anda. Ketahui proses membatiknya, yang paling mahal adalah proses membatik dengan menggunakan canting. Pencantingan adalah cara yang dilakukan pembatik secara turun-temurun dalam melukis selembar kain dengan menggunakan alat yang disebut canting sehingga dianggap lebih tradisional dan memiliki nilai historis tersendiri.,

4). Periksa sisi luar dan sisi dalam kain batik.
Kain batik dengan kualitas bagus biasanya mempunyai cetakan sisi luar dan sisi dalam yang sama. Jadi, ketika anda membolak-balik kain batik, motif dan warna yang ada di bagian dalam sama persis dengan bagian luar. Hal ini menunjukkan kain tersebut telah melalui proses pembuatan dengan rapi, hati-hati dan detail sehingga menjadikan kain lebih awet ketimbang kain batik yang bagian luar dan dalamnya berbeda. Untuk jenis batik tulis, mereka memiliki beberapa grade, jenis batik tulis berkualitas paling tinggi dimana proses pembatikan/pencantingan lilin/malam mengukir motif dilakukan secara bolak-balik dengan teknik sama, proses ini akan menghasilkan penampakan motif dan warna yang sama pada kedua sisi kain batik. Sedangkan jenis batik cap, warna sisi di dalam kain mungkin sama dengan warna sisi di luar, namun penampakan motifnya tidak serapi sisi luar kain. Terlebih lagi pada tingkat kualitas terendah dari kain sangat mudah dibedakan, jenis ini mudah ditemui pada jenis kain batik sablon atau printing tekstil, dimana sisi dalam kain mempunyai motif yang kurang sempurna (atau memakai warna dasar kain putih/polos) dan pada bagian luar kain lebih menarik. 

5). Kualitas pewarnaan batik.
Rabalah permukan kain batik, pastikan warnanya tidak menempel pada tangan untuk mengetahui apakah pewarnaan pada kain batik tersebut berkualitas baik. Jika ternyata warna batik meninggalkan bekas pada tangan (luntur), hal tersebut menjadi salah satu pertanda bahwa kain batik yang anda pilih mempunyai kualitas pewarnaan yang rendah dan hal ini bisa menyebabkan luntur sehingga lambat laun kain batik tersebut akan pudar dan kusam.

Batik adalah salah satu kerajinan bernilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya pulau Jawa), sejak lama. Oleh karena itu sangat tepat  dijadikan souvenir.

Selamat berburu batik !

Sumber gambar : kompasiana.com

 
Back To Top