Segala Informasi Mengenai Batik Kami Hadirkan Untuk Anda

Mengenal 5 Macam Motif Batik Jogja

Motif  Batik Yogyakarta menjadi salah satu jenis batik Nusantara yang cukup terkenal di Indonesia karena keunikan motif-motif yang ditawarkan sehingga banyak diburu oleh konsumen dalam dan mancanegara.
Namun sebelum anda benar-benar berburu kain batik Nusantara jenis Batik Jogja untuk menambah koleksi batik di rumah, sebaiknya terlebih dahulu kita membahas tentang motif batik Yogyakarta dan makna filosofi yang terkandung di dalamnya agar anda dapat membeli sesuai dengan keperluan.

Mari kita gali sedikit informasi singkat tentang Batik Jogja di bawah ini :

Mengenal 5 Macam Motif Batik Jogja

1) Motif Batik Kawung.
Motif Batik Kawung merupakan motif batik tulis dengan zat pewarna dari Napthol dan lebih banyak digunakan sebagai kain panjang. Makna filosofi dalam batik motif ini adalah sebagai lambang keperkasaan dan keadilan. Motif Batik Kawung pada umumnya berpola bulatan mirip buah kawung (yaitu sejenis kelapa atau kadang-kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Pada beberapa pengrajin kain batik Nusantara, motif jenis ini lebih benyak digambarkan sebagai lukisan bunga Seroja atau Lotus (Teratai) dengan empat lembar daun bunga yang sedang merekah. Bunga seroja atau lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.
Biasanya motif-motif Kawung diberi nama berdasarkan besar-kecilnya bentuk buah, ada yang bulat-lonjong yang terdapat dalam suatu motif kain tertentu. Misalnya: Kawung Picis adalah motif Bati Kawung yang tersusun oleh bentuk bulatan-bulatan yang kecil. Sedangkan Picis adalah nilai mata uang yang memiliki bentuk-bentuk kecil dan unik. Sedangkan Kawung Bribil adalah motif-motif Batik Kawung yang tersusun rapi oleh bentuk yang lebih besar daripada kawung Picis. Hal ini dikreasikan sesuai dengan namanya yaitu Bribil yang memakai mata uang berbentuk lebih besar daripada picis dan bernilai setengah sen. Sedangkan Kawung Sen adalah motif batik berbentuk bulat lonjong lebih besar daripada Kawung Bribil.

Mengenal 5 Macam Motif Batik Jogja

2) Motif Parang Kusumo.
Motif Batik Parang Kusumo adalah salah satu jenis motif dengan mengaplikasikan zat pewarna Napthol dan digunakan sebagai kain adat saat ada acara tukar cincin.
Dalam motif Parang Kusumo terkandung suatu makna bahwa sebuah  kehidupan harus dilandasi dengan perjuangan dan usaha yang nyata dalam mencapai keharuman lahir dan batin. Hal ini bisa dilambangkan dengan harumnya sekuntum bunga Kusuma di taman rumah anda. Dalam falsafat pulau Jawa, suatu keberhasilan kehidupan dalam masyarakat dicerminkan dari keharuman pribadi masing-masing dalam menjalaninya setiap hari tanpa harus meninggalkan norma-norma dan nilai yang telah berlaku sejak nenek moyang mereka jaman dahulu.

Tentu saja usaha tersebut di atas adalah sesuatu hal yang sulit untuk direalisasikan tetapi pada umumnya orang Jawa berharap dapat menempuh suatu kehidupan yang sempurna lahir dan batin serta diperoleh atas jerih payah dari menerapkan pola tingkah laku dan pribadi-pribadi yang baik.

Motif Batik Parang Kusumo mempunyai makna bahwa hidup harus dilandasi dengan sebuah perjuangan untuk mencari kebahagiaan lahir dan batin. Seperti dijelaskan di atas bahwa ibarat keharuman sekuntum bunga Kusuma. Contoh yang nyata bagi orang Jawa asli adalah hidup dalam bermasyarakat haruslah menebarkan keharuman (kebaikan) pribadinya tanpa melupakan norma-norma yang berlaku dan sopan-santun agar dapat terhindar dari bencana lahir dan batin.

Mengenal 5 Macam Motif Batik Jogja

3) Motif Batik Truntum.
Motif  Batik Truntum adalah motif batik tulis dengan zat pewarna: Soga Alam dan digunakan saat ada upacara pernikahan berlatar belakang suku Jawa di kota Jogja, jadi lebih menonjolkan sisi nilai seni dari daerah dimana acara pernikahan tersebut digelar.
Motif batik Truntum merupakan sebuah simbol cinta yang tulus tanpa syarat antara sepasang pengantin baru dan mereka yang sedang menjalani masa-masa berpasangan. Biasanya disertai sebuah harapan bahwa hubungan tersebut akan kekal abadi, dimana semakin lama akan terasa semakin subur berkembang (tumaruntum). Karena maknanya tersebut,  truntum pada umumnya dipakai oleh orang tua pengantin pada hari utama pernikahan mereka. Harapannya adalah agar cinta kasih yang tumaruntum ini akan selalu menghinggapi kedua mempelai.  Kadang  dimaknai  pula  bahwa  orang tua berkewajiban untuk “ menuntun” kedua mempelai untuk memasuki kehidupan baru disertai doa restu.

Mengenal 5 Macam Motif Batik Jogja

4) Motif Batik Tambal.
Motif Batik Tambal adalah motif kain batik tulis dengan memakai zat pewarna Soga Alam. Unsur motif yang digunakan adalah ceplok, parang, meru, dll. dengan lebih banyak menonjolkan ciri khas kerokan. Lebih banyak dimanfaatkan sebagai kain Panjang, makna filosofi dalam motif kain ini adalah adanya kepercayaan bila orang sakit mengenakan kain ini sebagai  selimut ketika mereka tidur pada waktu malam hari, sakit yang sedang diderita oleh orang tersebut akan cepat sembuh oleh kehangatan yang disumbangkan dari kain batik ini karena tambal di sini memiliki arti menutup atau menambal sehingga diharapkan terbentuk sebuah semangat baru.

Mengenal 5 Macam Motif Batik Jogja

5) Motif Batik Pamiluto.
Motif kain batik Pamiluto menggunakan zat pewarna berupa Soga Alam yang sering digunakan sebagai kain Panjang saat menggelar acara pertunangan bagi masyarakat asli kota Jogja dengan berlatar belakang budaya Jawa yang sangat kental. Unsur motif yang terkandung di dalamnya adalah Prang, Ceplok, Truntum dan yang lainnya. Sementara filosofi dalam kain batik ini adalah Pamiluto berasal dari kata Pulut yang berarti perekat, dalam bahasa Jawa diartikan Kepulut/ tertarik.

Disamping anda mengenal 5 motif kain batik khas kota Jogja seperti tersebut di atas, kota Yogyakarta juga mempunyai banyak motif lainnya yang dapat menjadi ide lahirnya batik-batik kontemporer saat ini.

Mari cintai batik !

 
Back To Top