Segala Informasi Mengenai Batik Kami Hadirkan Untuk Anda

Cara Merawat Batik Yang Baik dan Benar

Melalui artikel ini, kami sangat bahagia karena memiliki kesempatan untuk mengulas ide-ide tentang bagaimana cara merawat batik dengan baik dan benar supaya batik kesayangan anda bisa bertahan lama dan tidak mudah luntur karena memiliki harga yang cukup mahal. Beberapa cara praktis yang kami ulas di bawah ini dapat anda jadikan sebagai referensi agar batik kesayangan di rumah menjadi terlihat selalu baru.

Dirangkum dari berbagai sumber, kami sudah meringkas ide-ide praktis perawatan pakaian mahal ke dalam 7 tips.

Cara Merawat Batik Yang Baik dan Benar

Nah, ketujuh tips berikut ini merupakan langkah-langkah awal merawat batik yang benar yang perlu anda ketahui, yakni :

1). Hindarilah penggunaan sabun deterjen dalam jumlah berlebihan ketika anda sedang mencuci busana batik atau kain batik anda, karena sifatnya terlalu keras dan dapat mengikis warna pada kain sehingga kain atau busana mudah kusam dan pudar.

2). Mencuci dengan cairan khusus yang banyak dijual di pasaran (seperti lerak) atau shampoo. Larutkan air shampoo ke dalam air secukupnya sehingga tidak ada bagian yang mengental, barulah rendam kain atau pakaian batik anda, aduk-aduk sebentar lalu diamkan beberapa menit hingga kotorannya terangkat sempurna, cara ini dijamin tidak merusak warna dasar kain batik sehingga mereka tetap awet.

3). Mencuci kain batik yang benar tidak harus dikucek kasar dengan tenaga seekor kuda, cukup anda rendam disertai kucekan-kucekan lembut pada ember dengan deterjen soft, terutama pada bagian-bagian yang kotor saja. Tidak perlu diperas, cukup ditarik pada bagian ujung-ujungnya saja supaya kain batik menjadi lurus kembali (seperti selesai disetrika).

4). Hindari menjemur kain/ baju batik di tempat-tempat yang langsung terkena sinar matahari siang hari, cukup dijemur di tempat teduh atau diangin-anginkan saja.

5). Hindarilah menyetrika langsung kain/ baju batik (jika dianggap perlu, setrika bagian dalamnya saja) atau lapisi dengan kain lain pada saat anda menyetrika.

6). Hindarilah menyemprot langsung kain/ baju batik dengan parfum atau pengharum badan yang mengandung zat-zat kimia berbahaya untuk ketahanan warna dasar kain batik, karena akan justru akan merusak warna pada corak batik.

7). Pada saat menyimpan kain/ baju batik di lemari, hindarilah mengaplikasikan kapur barus dan sejenisnya, karena akan merusak kain. Untuk mengusir ngengat di lemari, jaga kebersihannya, dan setiap satu minggu sekali gunakan lada yang dibungkus dengan tisu bersih, letakkan di sudut lemari pakaian.

Nah, sekarang bagaimana? Dengan memperhatikan tips-tips tersebut di atas, niscaya anda bisa menjaga keutuhan warna kain/ baju batik anda, juga pemberian tips cara merawat batik yang benar ini diharapkan bisa membantu kesulitan anda dalam menjaga kualitas baju batik kesayangan supaya selalu tetap bertahan lama seperti ketika baru dibeli apalagi dengan harga yang mahal. 

 
Back To Top